Merayakan 98 Tahun Paroki Kramat

Mengawali bulan Juli, kita bersukacita merayakan ulangtahun Paroki. Sembilan puluh delapan tahun usia Paroki. Paroki Kramat adalah salah satu paroki tertua di Jakarta. Suka cita perayaan ulangtahun nampak dalam rangkaian lomba dan berbagai acara yang diadakan sebagai ungkapan rasa syukur atas anugerah Tuhan yang menuntun Gereja bertumbuh dan berkembang. Puncak acara ulangtahun paroki ditandai dengan misa penerimaan sakramen penguatan dan coffe morning yang diadakan pada hari Minggu tanggal 1 Juli 2018. Sakramen penguatan dan perayaan ulangtahun  memberi arti bahwa seluruh umat paroki memperoleh tuntunan dari Roh Kudus untuk mewujudkan diri sebagai persekutuan dan gerakan umat Allah.

Melalui perayaan ini kita berharap semoga Paroki  Kramat sungguh sungguh  menjadi persekutuan umat beriman, baik komunitas teritorial maupun kategorial  dengan mengembangkan tata layanan pastoral yang bersifat melibatkan dan memberdayakan. Dalam komunitas itu umat awam, para religius, dan klerus saling mengakui dan menerima sebagai saudara-saudari serta sesuai dengan kharisma dan panggilan masing-masing,  berpartisipasi dalam tugas imamat, kenabian, dan rajawi Kristus secara khas.  Karena itu perlu diupayakan agar paroki menjadi gerakan yang hidup dan terbuka serta memberikan ruang yang luas bagi kreativitas pastoral dan evangelisasi.  Semoga Paroki Kramat secara dinamis dan kreatif mewujudkan pelayanan di tengah pelbagai perubahan-perubahan masyarakat Kota Jakarta dan dunia.

Akhirnya  harus selalu dihayati bahwa Gereja Paroki Kramat sebagai persekutuan dan gerakan harus selalu terbuka dalam bimbingan Roh Kudus.  Sebab Persekutuan Gereja bukanlah buatan manusia tetapi karya Allah dalam Roh Kudus agar umat Allah selalu hidup dalam cinta kasih yang mampu memberi kesaksian efektif untuk masyarakat kita.

Yustinus Agung Setiadi OFM

Leave a Reply