Mendalami Silsilah Orang-Orang Kudus

Perjalanan hidup jemaat (Gereja Perdana) tidak terlepas dari berbagai kesulitan, tantangan dan berbagai hambatan. Mereka menolak dan tidak menerima berbagai ajaran dan penyembahan terhadap para dewa yang mengingkari iman mereka. Nyawa adalah taruhan mereka. Lebih dari itu, iman akan Tuhan Yesus menjadi andalan dan pegangan pokok. Karena iman inilah, mereka rela dihukum mati oleh para penguasa setempat.

Ada lebih dari 10.000 Santo atau Santa dan orang terberkati dalam Gereja Katolik Roma. Gereja percaya bahwa para rasul dan para martir yang telah menjadi saksi iman, terhubung secara sangat erat dengan Allah Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Gereja mengangkat mereka sebagai Santo atau Santa dan menghormati mereka dengan devosi khusus, bersama-sama dengan Santa Perawan Maria dan para malaikat.

Proses penentuan pernyataan resmi seseorang menjadi Santo atau Santa dalam Gereja Katolik memakan waktu yang panjang dan memerlukan bukti yang kuat berupa mukjizat-mukjizat yang harus ada untuk membuktikan bahwa Allah berkenan kepada perantaraan doa orang tersebut.

Pada zaman modern ini juga banyak orang kudus lahir, seperti Bunda Teresa dan Paus Yohanes Paulus II. Mereka diakui oleh Gereja sebagai orang kudus karena perjuangan iman mereka, berani mengakui diri sebagai orang yang percaya kepada Tuhan dan memberikan kesaksian hidup yang sangat baik.

Di buku ini anda akan menemukan bagaimana perjuangan orang-orang kudus yang diakui oleh Gereja Katolik. Gereja banyak belajar dari mereka. Kekudusan mereka merupakan tanda kesaksian iman yang sangat besar.
Dalam buku “Ensiklopedia Orang kudus Sepanjang Tahun” ini, penulis menyajikan riwayat hidup dan kesaksian iman para orang Kudus, yang telah disusun berdasarkan tanggal perayaan peringatan yang ditetapkan dalam kalender liturgi Gereja Katolik sepanjang tahun, dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember. .
Buku ini juga dapat digunakan oleh umat Katolik sebagai salah satu bahan bacaan untuk lebih para Santo dan Santa yang telah diangkat oleh Gereja Katolik, karena bulan November telah ditetapkan sebagai bulan arwah oleh Gereja Katolik.

Yang membedakan buku ini dibandingkan dengan buku yang judulnya serupa, yaitu “Ensiklopedia orang Kudus”, yang ditulis oleh Heuken, A. SJ adalah, disajikannya sekitar 40 orang kudus tambahan yang belum lama ini diakui oleh Gereja Katolik.

Bagi anda pasangan umat Kristiani yang akan dikaruniai keturunan, buku ini juga menyajikan 999 nama bayi kristiani berikut dengan artinya yang dapat anda pilih dan gunakan untuk memberi nama si buah hati. Di samping itu pilihan nama-nama Santo atau Santa ini juga dapat anda jadikan pilihan nama ketika anda akan menerima sakramen pembabtisan, atau pun penguatan.
(Paulus Andrie Susanto)

Leave a Reply