ASIAN YOUTH DAY 2017

ASIAN YOUTH DAY 2017

“Joyful Asian Youth! Living the Gospel in Multicultural Asia”

Asian Youth Day (AYD) atau Hari Orang Muda Asia adalah perjumpaan orang muda Katolik se-Asia. Acara ini diselenggarakan tiga tahunan dan dihadiri kurang lebih seribu sampai tiga ribu OMK perwakilan dari berbagai negara di Asia. AYD digagas oleh pembina OMK se-Asia dan disetujui oleh Federasi Konferensi Uskup-uskup se-Asia (FABC) dibawah kantor Komisi Keluarga dan Kerawam bagian kepemudaan.

Ajang Asian Youth Day (AYD) ke-7 di Yogyakarta mengusung tema Joyful Asian Youth! Living the Gospel in Multicultural Asia”merupakan implementasi dari keberagaman Indonesia. Acara ini diikuti 2.140 peserta dari 19 konferensi uskup-uskup se-Asia. Dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti AYD diadakan rekoleksi pra-AYD yang diikuti 102 OMK KAJ. AYD terdiri dari 3 acara besar yakni Day in the Diocese, Days in AYD’s Venue and Asian Youth Ministers’ Meeting (AYMM)‎, yang dilaksanakan dari tanggal 29 Juli hingga 6 Agustus 2017.

Pada tanggal 1 hingga 6 Agustus 2017, para delegasi dari berbagai negara di Asia berkumpul bersama untuk mengikuti Days in AYD’s Venue di Yogyakarta. Acara puncak ini dipusatkan di Jogja Expo Center, yang diikuti oleh seluruh peserta dan Uskup dari berbagai negara di Asia. Pada acara puncak tersebut, kami diajak untuk berbaur dengan OMK dari berbagai delegasi, bertemu dengan uskup-uskup di Asia, festival budaya, seminar, mengunjungi tempat-tempat di Yogyakarta untuk mengetahui keberagaman budaya, agama, bahasa di Indonesia. Misa penutup yang dikuti hampir 5000 umat katolik di jogja dan tidak ketinggalan dihadiri oleh wakil Presiden Jusuf Kalla. Sedangkan acara Asian Youth Ministers’ Meeting (AYMM)‎dikhususkan untuk para pembina OMK negara-negara Asia. Pesertanya antara lain uskup, pastor, dan awam yang terlibat dalam komisi kepemudaan tingkat nasional.

Dari perhelatan akbar tiga tahunan ini, saya merefleksikan bahwa tujuan AYD adalah memberikan kesempatan kepada Orang Muda Katolik untuk memperbaharui dan memperdalam iman mereka sebagai murid Kristus dalam dialog multikultural dan bekerja untuk keadilan sosial dan perdamaian.Harapan saya ke depan adalah semoga acara ini terus ada, OMK Kramat lebih berpartisipasi aktif dan makin eksis dalam pelayanan baik digereja maupun diluar gereja. Terima kasih. (Bastian)

Foto AYD

Leave a Reply